Post Terbaru
Join This Site
Penjelasan Tipe-tipe Dere Pada Anime

Penjelasan Tipe-tipe Dere Pada Anime


Halo, selamat malam :D
Pasti kita pernah denger tentang kata tsundere, yandere atau mungkin kuudere. Nah, tapi apakah artinya dere-dere tersebut? Kalau belum tahu, mari kita bahas satu persatu, cekidot.

Menurut artikel yang saya baca di kaskus, "dere" adalah singkatan dari dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta, dengan kata lain menjadi lovey dovey di depan orang yang disukainya. Berarti dere artinya hanya itu? Nggak, jenis dere yang utama (menurut saya) ada empat macam, yaitu Tsundere, Kuudere, Yandere dan Dandere.

Jadi, x-dere di sini pengertian gampangnya, itu merupakan pengelompokan watak suatu karakter di anime. Biasanya disematkan pada karakter perempuan. Berikut penjelasan tiap x-dere.

1. Tsundere

 Menurut wikipedia, Tsundere adalah salah satu bentuk proses pengembangan karakter Jepang yang menggambarkan perubahan sikap seseorang yang awalnya dingin dan bahkan kasar terhadap orang lain sebelum perlahan-lahan menunjukkan sisi hangat kepadanya. 


Seperti gambar di atas, "Ini tidak seperti aku menyukaimu atau lainnya, goblok!". Karakter dengan watak tsundere memang tidak jujur terhadap perasaannya, tetapi tidak hanya berbohong dengan kata-kata, namun juga kebanyakan pakai makian dan kekerasan. waduh serem dong?! ya nggak lah XD. Kebrutalannya masih kalah sama keimutan si karakter tersebut :3

Dari sekian banyak 'dere', karakter dengan watak tsundere paling mudah dijumpai di anime, contohnya sampul atas postingan ini, yaitu Rin Tohsaka dari Fate Series juga tsundere :3, selain itu berikut beberapa contohnya:

Taiga Aisaka (Toradora!)

Bebeb Misaka Mikoto (To Aru Majutsu no Index/To Aru Kagaku no Railgun)

Chitoge Kirisaki (Nisekoi)

2. Kuudere

Nah, kalau kuudere merupakan gabungan dari kata 'cool' dan 'dere'. Jadi maksudnya, Kuudere adalah karakter pendiam yang jarang ngomong sehingga terlihat cool dan berwibawa. Karakter dengan watak Kuudere juga selalu berbicara dengan formal dengan siapapun bahkan dengan karakter utama.

Berikut ini contohnya:

Kanade Tachibana (Angel Beats!)

Ai Enma (Jigoku Shoujo)

Bebeb Arturia Pendragon (Fate/Stay Night)

3. Dandere

Kemudian ada Dandere. Di dunia manga dan anime, Dandere berarti pemalu. Karakter Dandere susah berinteraksi dengan orang lain karena rasa malunya itu. Ya mirip-mirip semi anti-sosial begitu :3. Tetapi jika sudah dekat (dengan karakter utama), maka karakter dengan sifat Dandere ini jadi baik banget.

Ini contohnya:

Sawako Kuronoma (Kimi ni Todoke)

Hinata Hyuuga (Naruto)

Mio Akiyama (K-On!)

4. Yandere

'Yan' pada kata Yandere berarti sakit jiwa. Karakter dengan watak Yandere awalnya nampak seperti orang normal pada biasanya, tetapi sifat psikopatnya akan muncul jika sudah mencintai seseorang, dia akan sangat emosional jika ada yang mendekati orang yang dicintainya. Saking emosionalnya, karakter ini tega untuk melakukan hal-hal yang sadis. Wado ngeri banget XD.

Ada yang doyan sama karakter Yandere? Saya sih ogah :3

Yuno gasai (Mirai Nikki)

Katsura Kotonoha (School Days)

Haruna Niekawa (Durarara!!)

Itu tadi 'dere' utama menurut saya, Jika ada kekeliruan tolong dikoreksi ya.
Semoga bermanfaat :D

Komentar agan-agan akan berdampak pada frekuensi rilisan dari Suzukanime, tolong tinggalin jejak ya!

Emoticon